Cari Apa ? Ketik Disini yaa :)

01 December 2017

Tips Super Ampuh Sukses Melewati Seleksi Interview Kerja

Sudah lama sekali sejak postingan artikel terakhir, baru di kesempatan kali ini saya dapat berbagi tulisan kembali, Pada tulisan kali ini, sedikit banyak nya saya akan membagikan sedikit tips sukses melewati interview kerja yang bagi sebagian orang adalah momen yang cukup menegangkan, karena dihadapkan pada situasi dimana kita harus menunjukkan kemampuan kita secara langsung pada seseorang yang cukup penting pada perusahaan yang ingin kita lamar.

Baik, ini adalah juga pengalaman pribadi Christian Tarigan, yang pada beberapa kali kesempatan sudah pernah dan berhasil dengan mudah untuk dapat sukses dalam melewati tahap wawancara kerja.

Lalu, apa aja sih yang harus dipersiapkan atau dimatangkan dalam mempersiapkan diri saat hendak ingin melakukan wawancara kerja pada sebuah perusahaan? Akan saya ulas secara singkat, padat dan jelas dalam Tips Super Ampuh Sukses Melewati Seleksi Interview Kerja .

Image : contoh-surat.info

1. Tunjukkan Penampilan Berpakaian Terbaikmu
Berpakaian memang tidak menunjukkan seberapa pintar atau cerdasnya kamu pada bidang kerja yan ingin kamu lamar, tapi jangan salah dan sepele lho, penampilan yang maksimal (dalam artian rapi, bersih dan grooming) itu ibarat kamu yang sedang jatuh cinta pada pandangan pertama. Bayangkan jika di awal bertemu kita saja, pimpinan perusahaan yang ingin kita lamar sudah melihat ketidakrapian dan kebersihan kita dalam berpakaian, apakah dia masih mau untuk menerima kita bergabung pada perusahaannya?

2.  Tegas dan Beribawalah Saat Berbicara
Kenapa ini ada di poin kedua? Ya, karena berdasarkan pengalaman saya, sekian banyak pewawancara kerja dari perusahaan yang saya lamar, sangat memperhatikan gaya bahasa dan cara berbicara para kandidat kerja yang akan di seleksi. Sebenarnya ini adalah hal yang sangat wajar, karena kecakapan komunikasi  dan perawakan yang beribawa adalah modal awal yang paling diperlukan dalam lingkungan bekerja. Tidak tegas atau beribawa nya seseorang dalam berbicara, cenderung menunjukkan kurang poduktifnya orang itu tadi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab nya nanti di kantor.

3. Kuasai Materi atau Bidang Pekerjaan Yang Hendak Dilamar
Nah, jika penampilan dan cara berbicara menurut mu sudah baik dan cakap, maka selanjnutnya adalah perdalam materi bidang pekerjaan yang ingin kamu lamar. Tentunya seorang pewawancara akan menanyakan hal itu pada para calon kandidat yang ingin melamar pada perusahaan tersebut. Penguasaan materi yang baik dan jelas adalah poin tambahan untuk menjadikan mu pelamar yang terpilih dan berhasil bekerja pada perusahaan idaman mu tersebut.

4. Menjawab Pertanyaan Secara Tegas dan Jelas
Pada sebuah sesi tanya jawab wawancara kerja, pastinya akan ada banyak momen tanya-jawab yang tejadi antara si pewawancara (biasanya adalah bagian rekrutmen (HRD) ) dengan kita si pelamar kerja yang sedang di wawancara, untuk itu jawab lah setiap pertanyaan yang diajukan pada kita dengan tegas dan jelas. Tegas yang berarti memberikan jawaban dengan yakin  dan jelas yang berarti to do point atau langsung menjawab pada poin pertanyaan yang dimaksud. Pada poin ini, jawaban kamu juga sangat berpengaruh pada keputusan apakah kamu adalah kandidat yang terpilih atau tidak.

5. Berkata Jujur
Tidak hanya dalam kehidupan keseharian saja, kejujuran juga sangat dibutuhkan dan penting untuk diperhatikan dalam sesi wawancara kerja. Itu karena dari kejujuran kita dalam menjawab pengalaman kerja atau latar belakang kerja sebelum melamar pada perusahaan yang baru adalah cerminan bahwa kita adalah pribadi yang dapat diandalkan dan dipercaya saat nanti sudah bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Ingat, jujur itu sangat penting ya sahabat ku.

6. Kuasai Diri & Tetap Berkata Santun dalam Situasi Apapun
Kita tidak dapat menebak bagaimana atau seperti apa situasi dalam ruangan saat wawancara kerja sedang bejalan. Tentunya tak selamanya semua berjalan dengan lancar, seperti tetap kondusifnya komunikasi yang terjadi. Untuk itu, pastikan dirimu tetap terjaga dan pastikan untuk tidak melakukan tindakan tidak terpuji seperti membuat keributan yang tentunya akan semakin memperburuk suasana. Ingat, kita ingin mencari kerja dengan cara yang baik, mak tunjukkan pula etikad baik kita ya.

7. Akhiri Wawancara Kerja dengan Baik dan Santun
Jika si pewawancara merasa sudah cukup dengan sesi yang telah berjalan, maka bagaimana pun percakapan sebelumnya, pastikan kamu mengakhiri sesi tersebut dengan baik, santun dan juga ramah. Yakinlah, seorang yang santun adalah pedoman baik baik semua orang.

Dari banyaknya poin-poin yang diperlu untuk diperhatikan agar dapat sukses melewati wawancara kerja, saya kira ketujuh poin diatas adalah poin yang cukup sensitif dan perlu untuk mendapat perhatian yang lebih, jika memang kamu mau waktu wawancara kerja mu tidak terbuang begitu saja alias sia-sia.

Meski demikian, apapun hasil dari keputusan pihak rekrutmen sebuah perusahaan, adalah hasil yang mutlah dan kita para kandidat pelamar kerja tetaplah harus menerima dan menghargainya. Jika memang rejeki, jangan khawatirkan satu dua kali kegagalan, tetap berjuang !!

Semoga bermanfaat, Salam Kasih sahabatku :) 
 


No comments:

Post a Comment

Berikan komentar yang relevan dan sesuai dengan topik yang di komentari.
Komentar yang baik, mencerminkan pribadi dan pembaca yang bijak :)

Fanpage

Follow by Email